Wednesday, May 26, 2010

[Review] 5 cm

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: Outdoors & Nature
Author:Donny Dhirgantoro
Buku ini bercerita tentang persahabatan tanpa batas 5 anak manusia langka yang jarang ditemukan. Keakraban dan kebersamaan mereka sudah seperti tim pembela kebenaran: POWER RANGER karena komposisi mereka yang tepat berlima. Arial, genta, Ian, Zafran, Riani bersahabat sangat akrab. Sehingga hari-hari mereka selalu dilewati bersama.

Salah satu diantara mereka: Arial berciri khas lelaki sejati, badan kekar dan tegap hasil latihan intensif fitnes di pusat kebugaran, mempunyai saudari kembar bernama Arinda. Seperti abangnya yang ganteng otomatis kembaran nya juga cantik . Begitu identiknya mereka bahkan apa yang dilakukan oleh Arial tak berbeda jauh dengan adiknya yang selalu taat peraturan alias polos karena sudah jadi kebiasaan mereka. Hasil didikan orangtuanya dari kecil. Diantara mereka berlima (tidak termasuk Arial dan Riani) tertarik dengan Arinda.

Siapakah dia??? Baca sendiri aja, karena ini juga salah satu cerita cinta yang menarik untuk dibaca. hehe

*************

Genta yang mempunyai jiwa leadership yang tinggi, sangat cocok berteman dengan cewe unik bernama Riani, wajahnya cantik menggunakan kacamata. Kata teman-temannya Riani merupakan perpaduan Lisa Loeb dan Kate Winslet. Ian terkenal dengan sosoknya yang mirip teletubies. Apalagi zafran sosok ceking keahlian nya untuk berpujangga begitu disukai banyak wanita. Inilah ciri khas tersendiri dari seorang Zafran yang mempunyai jiwa sang penyair.

...dan semuanya akan tambah indah kalo kita tetap jadi diri kita sendiri..bukan orang lain..


Saat mereka berkumpul di markas kebesaran mereka : Secret Garden dan Halaman sekolah untuk melakukan ritual mereka. Tiba-tiba mereka pengen puasa ketemuan dulu hingga 3 bulan. Sampai batas waktu yang ditentukan, yaitu salah satu hari di bulan Agustus.

Lantas, apa yang terjadi setelah mereka berpisah selama 3 bulan??? So, nikmati aja buku karangan Donny Dhirgantoro ini. Tebalnya yang berjumlah 381 halaman akan ngga terasa jika kalian (membaca) dan masuk dalam cerita mereka.

Temukan tentang bagaimana:
Riani: jadi Tim peliput berita
Ian: Sanggup menyelesaikan skripsi dalam tiga bulan berkat bimbingan luar biasa dari Sukonto Legowo.
Arial: Berhasil menjalin hubungan dengan miss fitness:Indy
Genta: Sukses besar saat jadi Leader event organizernya


Jangan pernah percaya atau beranggapan HOKI telah membantu kita. Sesungguhnya karena upaya/usaha yg kita lakukan lah menumpuk dan menunggu untuk dibalas. Sehingga ALLah akan membalas upaya/usaha kita dengan CARA dan WAKTU yang tepat...


Mereka sepakat untuk memilih Genta untuk mengatur format pertemuan. Sehingga konsep acara tersebut otoritasnya dipegang penuh oleh Genta. Karena kapasitas genta yang tidak diragukan lagi untuk membuat acara dengan jiwa kepemimpinannya.


Hari itu tiba....acara apa yang akan disiapkan oleh genta untuk teman-temannya yang sudah RINDU SETENGAH MATI untuk bertemu, Sekali lagi ayo baca buku ini..ngga nyesel deh...

**********

Akhirnya setelah melalui perjuangan yang sangat berat, mereka berenam sampai diPuncak Mahameru. Setelah sebelumnya beberapa kejadian-kejadian aneh dan tak terduga mereka temukan dalam perjalanan yang cukup melelahkan. Ada beberapa kejadian penting dan mistis yang mereka temukan saat perjalanan. So, rugi deh kalau kalian belum baca buku ini...(kompor:mode-on[lagi]). Apalagi bagi kalian yang ngakunya hobi petualangan dan senang bergaul. Dijamin bakal indah deh, cerita tentang persahabatan ini.


Dari alur cerita yang dibuat penulis, saya benar-benar terbuai masuk dalam
perjalanan 6 anak manusia tersebut. Saya yakin penulis sangat suka menghafal
lagu-lagu terbaik di zamannya masing-masing. Terlihat pada isi novel ini yang
terselip beberapa lirik lagu dan penyanyi terkenal yang didokumentasikan
penulis. Yang paling menarik dan hal yang menurut saya paling lucu adalah adu
argumentasi melalui percakapan antara Ian, Malaikat baik, malaikat jahat,
komputer, Ms. word, Ms. Excel saat ian mengejar target untuk selesai
skripsi dengan jangka waktu 3 bulan.


Saya bingung harus berkomentar apa tentang Ending yang dibuat oleh penulis, benar-benar akhir yang tak saya kira. Benar-benar menggugah dan menguatkan hati saya. Nah...lho kok????.

Mau tau tentang akhir cerita nya baca aja 5 cm nya langsung dengan kedua mata anda langsung.

..."Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh disini, didepan kening kamu....jangan menempel.Biarkan...."

"Dia...."

"Menggantung...."

"Mengambang...."

"5 centimeter..di depan kening kamu.."

"Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu..."

4 comments:

  1. hehe...iya ka...kalau ulun 4,5 aja...penilaian tentang buku relatif ya ka....tergantung selera pembaca...

    publish review di MP setelah edit sana sini dari Note FB...banyak pemakaian kata2 yang dobel, hehe

    ReplyDelete
  2. buku ini isnya meloncat-loncat tp lumayan padat makna, terutama yg 5 cm ...

    ReplyDelete
  3. iya....kalau saya suka dengan persahabatan yang mengerti satu sama lain... apalagi ada dialog cerdas antara Ian dan Dosen pembimbing nya...ada pesan2 penting juga dalam buku ini..tentang cinta tanah air

    ReplyDelete