Monday, July 5, 2010

[Iptek] Merawat Baterai Ponsel

Sepele, tetapi kerap dilupakan. Ya, baterai ponsel memang jarang diperhatikan. Bahkan sering diperlakukan secara 'semena-mena'. Hasilnya, jangan heran jika tiba-tiba baterai ponsel kita mati total.

Agar hal diatas tak terjadi, ada baiknya kita mulai memperhatikan hal-hal yang dapat membuat baterai tetap awet. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan, terutama ketika sedang mengisi baterai.

1. Perhatikan lama pengisian

Rata-rata waktu mengisi baterai yang ideal adalah +/- 2 (dua) jam. Namun, karena malas menunggu, tak jarang pengguna ponsel meninggalkan ponsel yang sedang di isi baterainya.

Jika ditinggal sebentar sih tak apa, tetapi tak jarang ada yang meninggalkan baterai saat diisi sambil tidur. Bayangkan jika kita terbisasa tidur pukul 10.00 malam, pastinya baterai akan terisi selama lebih dari 2 (dua) jam. Hati-hati, jika baterai terlalu lama diisi penuh, bisa-bisa komponen di dalamnya menjadi rusak.

Memang ada charger yang secara otomatis tak mengisi ketika baterai yang diisi sudah penuh. Namun bagaimana jika charger yang kita gunakan tidak otomatis???

2. Mengisi didalam mobil

Bagi yang terbiasa pergi kemana-mana dengan mobil, charger mobil tentu saja sangat berguna. Namun, voltase pada mobil biasanya sering tak stabil. Hal ini tentu mengakibatkan tak stabilnya arus listrik yang masuk ke dalam baterai. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, kerusakan komponen baterai dapat mungkin terjadi.

3. Menggunakan ponsel ketika sedang diisi.

Kita mungkin termasuk orang yang suka menggunakan ponsel ketika sedang diisi baterainya. Entah karena kebiasaan atau tak sabar, ternyata kebiasaan ini dapat merusak komponen molekul dalam baterai. Sebab, ketika ponsel menyala saat digunakan, akan terjadi arus keluar masuk dalam baterai. Oleh sebab itu, sebaiknya kita mengisi baterai dalam keadaan ponsel mati, atau standby saja.

4.Pengisian pertama

Ketika membeli ponsel baru, saat itulah usia baterai kita dimulai. Agar baterai dapat tetap berumur panjang, ada baiknya kita memperhatikan proses pengisian pertama. Sebab, ketika pertama kali mengisi baterai saat itu juga kita sedang mengaktifkan seluruh sel dalam baterai agar berfungsi maksimal. Tak heran jika proses awal ini akan menentukan usia baterai dimasa depan.

Tak hanya Ponsel, hal  ini berlaku juga untuk baterai charger sejenisnya lho. Seperti camera digital, mp4 dll.


(Sumber: harian Kompas)

9 comments: