Tuesday, July 6, 2010

[Review] 9 Matahari

Rating:★★★
Category:Books
Genre: Other
Author:Adenita

Mengisahkan tentang seorang perempuan yang bernama Matari Anas yang berusaha sekuat tenaga untuk melanjutkan pendidikan kuliahnya. Bahkan perjuangan untuk mendapatkan biaya untuk bisa kuliah ia tempuh dengan cara berhutang. Terlahir dari keluarga yang sederhana bahkan bisa dibilang"sulit". Tari dibesarkan dalam keluarga yang kurang kondusif, sehingga ia benar-benar ingin jauh dari rumah dengan jalan kuliah di luar daerah.

Ketika ada yang bersedia menjadi "sponsor" untuk bisa melanjutkan kuliahnya.Ternyata ada gejolak batin yang membuat Tari tersiksa, bahkan sempat berpikir untuk berhenti kuliah saja. Padahal perjuangan yang Tari lakukan tak sedikit. Apa itu??? Baca saja buku karangan Adenita yang bertebal 357 Halaman ini.

"Impian adalah cita-cita atau keinginan yang bisa dicapai dengan faktor-faktor
tertentu, seperti usaha, kemauan yang kuat, dan doa."


Berhutang merupakan salah satu jalan terbaik yang Matari ambil saat itu untuk mewujudkan cita-citanya ingin kuliah. Bahkan Tari pernah menghitung nominal hutang yang dipinjam nya. Jumlahnya...woowwwww........Let's read this book...

Ternyata dari sinilah awal konflik-konflik yang menerpa matari. Satu persatu masalah muncul menghalangi jalan panjang Matari.

Apa saja yang terjadi dan Mampukah matari menghadapinya??

So, alangkah baik buku ini dijadikan sebagai salah satu Evaluasi untuk teman-teman yang "hanya" main-main dalam menuntut ilmu khususnya perkuliahan.

Antara Bumi dan Langit..suatu ketika ada orang yang mati-matian berjuang untuk bersungguh-sungguh menuntut ilmu (baca:kuliah). Dan disaat yang lain tak sedikit orang-orang yang menghamburkan uang hanya sekedar gengsi.

Cerita yang berlatar di Kota Bandung ini, benar-benar dapat dijadikan satu pelajaran berharga bagi yang suka hura-hura menghabiskan uang orangtua yang berdalih kuliah. Padahal disisi roda yang lain banyak yang berjuang mati-matian demi melanjutkan pendidikannya, bahkan dengan cara berhutang...T_T

Seperti inilah kehidupan. Satu hari kita diperlihatkan bagaimana leluasannya orang meraih apa sesuatu yang di inginkan. Disisi yang lain kita diperlihatkan bagaimana keinginan itu harus diraih melalui sebuah kerja keras. Jika kita sering melihat ke atas, rasanya kita selalu merasa orang yang serba kekurangan. Tapi jika kita mau menundukkan kepala sedikit-melihat kebawah, kita akan merasa menjadi orang yang sangat beruntung.


Dari keseluruhan jalan cerita, buku mengingatkan kembali akan pentingnya sebuah usaha, kerja keras, dan mimpi-mimpi. Semangat Matari layak dijadikan inspirasi bagaimana menyikapi hidup dengan Ikhlas dan Syukur atas nikmat Tuhan tanpa mengurangi kadar Usaha, kerja keras dan do'a. Satu lagi, yang sering kita lupakan dan diceritakan banyak dalam buku ini yaitu sahabat.

Aku melihat kehidupan dari kacamata ilmu. Bahwa, dimana pun ilmu adalah emas. Ia begitu murni, membuat orang yang menemukannya ikut berkilauan dan berharga. Ia juga punya nilai jual yang tinggi, meski perbedaan harga maupun respons terhadap emas itu terletak pada kemampuan si empunya dalam meningkatkan nilai emas itu sendiri.


9 Matahari.
Adenita
PT.Gramedia Widiasarana Indonesia,
Jakarta, 2008
ISBN 9889790255739


Catatan:
Reviewnya kacau, bacanya terputus-putus sih...

Terima kasih ya Mas A. Haitami atas buku gratissnya. hehe
Merupakan salah satu kebanggaan bagi fathur dapat bertemu dan bersahabat dengan Mas Tami.
Fathur tunggu kedatangannya kembali di Banjarmasin..hehe...Yuk pulkam



06072010


2 comments:

  1. :) ya lah, thanks Mas Fathur. Senang membaca reviewnya....

    Pulkam ? Hm, gak tau ya. Mungkin akhir tahun lagi baru bisa kembali ke kota kelahiran :)

    ReplyDelete
  2. hehe.....mudah2an kita bisa ketemu lagi ya mas....

    ReplyDelete