Friday, November 26, 2010

[Install ulang] Niat Blogging

Setelah membaca journal dari seorang blogger, akhirnya saya harus menata ulang niat blogging dan posting sesuatu dalam dunia Blogger khususnya di MP. Maklum saja selama ini saya kurang -bahkan tidak sama sekali- memperhitungkan efek domino (baik mupun buruk) segala postingan saya.


Selama ini apa yang saya posting adalah sesuatu yang menurut saya penting dan menarik dibaca sekarang dan masa yang akan datang. Contoh, saya lebih suka mengcopy paste "quote" inspirasional dan sesuatu petunjuk atau pedoman hidup.

Selain itu copy paste versi saya adalah journal-journal penting dan data-data tersebut kemungkinan akan saya buka kembali. Daripada saya harus mencari-bongkar sana-sini-,  alhasil dengan MP dan blogspot inilah lemari penyimpanan yang terbaik menurut saya. Selain dapat dibuka kapan dan dimana saja, kelebihan arsip online ini dapat lebih komunikatif atau dapat merekam, menyimpan, mendokumentasikan lebih detail apa yang terjadi saat saya menulis (Copy-Paste) atau mengalami kejadian tersebut.  Walau tak semua fitur yang tersedia saya gunakan secara optimal. Kecil kemungkinan arsip-arsip ini hilang jika dibandingkan dengan buku agenda, diary atau sejenisnya.



Jika disamakan dengan kehidupan nyata, MP inilah catatan pribadi, diary, agenda saya. Jadi suatu saat diadakan ujian, tinggal buka MP dan "review" bahan ujian tersebut dengan klik bahan yang sudah ditandai dengan bantuan Tag. Mudah kan!!

Itu tentang copy-paste versi saya, sebelumnya saya harus  terus memperhatikan copy paste tersebut, apa dan bagaimana efek baik dan buruknya. Supaya saya  tidak di vonis plagiat maka dalam postingan tersebut tetap mencantumkan sumber asal-muasal tulisan tersebut. Lebih "afdhol" lagi ada izin penulisnya. hehe

Kalau postingan personal selain copy paste, saya biasanya suka menuliskan catatan perjalanan. Kenapa, karena catatan itu merupakan sebuah "film" yang sangat menarik. Ceritanya bisa sedih, bisa bahagia, bisa juga hal-hal konyol. Menulis cerita panjang, pendek atau puisi hanya beberapa yang saya lakukan ketika mood melankolis saya datang mengetuk pintu hati untuk menuliskannya. Maklum saya tidak begitu berbakat mengembangkan imajinasi.

Seperti yang lain, saya lebih produktif ketika disuruh menulis tentang rahasia personal atau lebih dikenal dengan curahan hati a.k.a curhat. Bahkan dalam kondisi apapun curhat dapat diselipkan, makanya curcol selalu saja menjadi materi yg paling banyak ditemukan di Arsip MP saya. hehe

Saya sependapat dengan seorang blogger yang menyarankan, alangkah baiknya jika blog (postingan) kita membahas atau memfokuskan pada sebuah tema atau satu pokok bahasan tertentu. Agar menjadi referensi atau sebuah arsip yang bermanfaat bagi orang banyak.

Lalu bagaimana dengan kalian??

4 comments:

  1. beluuuummmm......segera meluncur ke TKP...

    ReplyDelete
  2. untuk MP susah buat fokus
    ada mencengnya dikit..
    soalnya di MP kan network
    klo di Blogspot bisa itu..

    ReplyDelete
  3. Wah...
    Kalo ane masih memposting apa yang mau ane posting
    Blm bisa fokus ke 1 tema doang

    ReplyDelete