Thursday, February 10, 2011

Dilatasi Memori


DILATASI MEMORI, dari judulnya saja sudah terlihat kalau buku ini sarat nilai pendidikan dan pengetahuan. Namun nilai formil tersebut sungguh manis ketika dibungkus dalam sebuah novel romantis yang penuh keteladanan.

Sedikit berbeda dengan buku pertama “Diorama sepasang Albanna”. Dilatasi Memory lebih memberikan keteladanan selain sisi romantisme nya yang tak habis-habis. Di beberapa “cluster” awal banyak berisi kisah romantisme cerdas yang membuat saya iri setengah mati. Padahal menikah saja saya belum..hehe

Inilah kelebihan Dilatasi Memori, romantisme yg dikisahkan selalu alamiah, dekat dengan kita dan tidak dibuat-buat. Sangat cocok sebagai panutan untuk menanam dan memelihara benih cinta bagi sepasang suami-isteri. Ah, kalau dijadikan mas kawin atau kado ulang tahun pernikahan kayaknya sangat cocok. For u someone, I hope u read it…..

Stop bercerita romantisme, lebih baik baca langsung agar kalian senyum-senyum sendiri.

Namanya aja sekuel, tokoh dan jalan ceritanya masih lanjutan dari Diorama Sepasang Albanna. Tentang Ryan dan Rani. Sepasang suami-isteri yang berprofesi sebagai arsitektur, mempunyai perusahaan yang mereka dirikan bersama dibidang jasa konsultan arsitektur bernama Albanna. Karena kisah mereka sangat dekat dengan kehidupan saya yg merupakan dunia per Proyek-an (teknik), jadi soul cerita langsung merasuk kedalam pikiran saya.Mungkin juga dengan kalian??

Isinya tak melulu romantis tapi penuh dengan keteladanan. Bagaimana mendidik dan pendekatan emosional dengan anak, bagaimana menjalin kerjasama dengan kolega/bawahan yg lebih manusiawi, dialog dan pemikiran-pemikiran cerdas dari penulis juga menambah muatan ilmu dari buku ini.

Di salah satu cluster/bagian bahkan dijelaskan panjang lebar tentang dunia proyek yang merupakan lahan basah…terus dijelaskan secara cerdas bagaimana mendirikan bangunan yang membumi, tetap estetis, kokoh dan tepat guna tetapi bersahabat dengan lingkungan.

Dunia proyek adalah dunia basah. Dunia bergetah. Korupsi sangat bisa, kalau mau.Untunglah mereka yang masih dijaga Allah dari keinginan untuk melakukan dosa yang satu ini.

***

Untuk membesarkan nama Albanna yang mereka dirikan, Rani akhirnya menerima sebuah proyek membangun sebuah Mall. Bahkan dia sempat ragu, karena waktu untuk sang buah hati mereka (Rifki) menjadi berkurang.

Ternyata tak ada kehidupan yang datar-datar saja. Buktinya semua kemesraan dan romantisme mereka pun bisa juga mengalami goncangan hebat.

Semua kemesraan mereka seketika berubah, sejak kejadian diluar kesadaran Ryan diketahui oleh Rani. Ryan yang selalu terlambat pulang hingga tengah malam bahkan pernah pulang pagi, sering bertugas ke luar kota beberapa hari, membuat Rani yakin bahwa artikel tentang ciri perselingkuhan yang pernah dia baca sama persis dengan perilaku suaminya. Keyakinan semakin menjadi-jadi setelah Rani menemukan noda lipstick di kemeja Ryan.

Rani terluka. Dia pergi dari rumah meninggalkan Ryan dan Rifki lalu memutuskan untuk berhenti melanjutkan proyek ketika proyek sedang berjalan. Padahal Rani merupakan team leader dari proyek dan tentu saja membuat klien mereka kecewa. Lalu siapa yang akan melanjutkan proyeknya??

Siapa kah penyebabnya masalah ini??

Ternyata masa lalu lah yang menggoyahkan bahtera rumah tangga mereka.

Walaupun menyadari bahwa perpisahan bisa berdampak buruk pada anak mereka (Rifki), tetapi inilah langkah yang mereka ambil. Karena memiliki ego yang tak ingin dikalahkan oleh satu sama lain akhirnya oranglain lah yang terkena imbasnya. Kasihan anak itu???

Perbuatan yang halal tapi sangat dibenci Allah adalah BERCERAI.

Hingga akhirnya Rani merasakan firasat buruk kalau Rifki anaknya sedang sakit. Ternyata benar, hingga kemarahan Rani semakin memuncak.

Hampir saja mereka putus asa, akhirnya kebenaran terungkap diakhir cerita.

***

Salut kepada Mbak Ari Nur yang sangat pandai mengkolaborasikan emosi/perasaan dengan sebuah pemikiran, keteladanan dan pengetahuan menjadi sebuah cerita yang Indah. Jadi, setelah membaca buku ini saya jadi banyak belajar kalau menghadapi masalah harus dengan tenang, jangan menuruti ego dan nafsu, lalu mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi sebelum memutuskan langkah selanjutnya.

Romantisme nya juga patut diacungi jempol. Jadi jangan heran kalau anak Teknik itu punya jiwa romantisme yang tinggi.hehe

Akhirnya baca juga buku ini, walaupun buku lama tapi isi (Keteladan)nya untuk sepanjang masa.

Keterangan:
Cluster: Bagian


Judul : Dilatasi Memori
Penulis : Ari Nur
Penerbit : Mizania
No ISBN :978-602-8236-03-4

Jan 13, '11 9:31 PM

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete