Monday, February 14, 2011

The Palace Of Illutions


Palace of Illusions atau istana khalayan, sekilas tak tampak cerita apa dibalik buku ini. Mungkinkah ini hanya cerita khayalan, Legenda, dongeng atau cerita fiksi yang kadang bikin pusing memvisualisasikan deskripsi penulis. Entah lah?? Siapa dan mengapa diciptakan istana khayalan tersebut menjadi tanda Tanya besar dalam benak saya. Setelah mengamati nama penulis dibagian bawah cover buku dan membaca kutipan cerita pada cover belakang, baru saya bisa menebak-nebak cerita tentang apa.

Chitra Banerjee Divakaruni, seorang penulis dari India, menceritakan kembali historis Mahabrata, namun cerita dikisahkan dari sudut pandang seorang wanita yang menjadi tokoh sentral dalam keseluruhan kisah Mahabrata. Yaitu Panchali atau lebih dikenal dengan Drupadi, putri yang terlahir dari dalam api, putri seorang raja bernama Drupada.

Beberapa puluh tahun yang lalu, saat saya kecil - sekitar kelas 1 SD - cerita Mahabrata di tampilkan pada layar kaca, tepatnya di televisi milik negara. Namun saat itu saya tidak begitu mengerti apa dan bagaimana jalan ceritanya. Beberapa adegan yang saya ingat hanya: saat Arjuna melepaskan anak panah yang kemudian berubah menjadi berbagai bentuk karena ilmu yang dimilikinya. Ada lagi adegan perempuan yang pakaian (kain sari) nya ditarik dan tak habis-habis. Kemudian sosok krisna yang murah senyum.

Setelah membaca buku ini saya baru tahu semuanya. Anak panah yang rupanya berbagai bentuk dan bisa berubah-ubah itu adalah astra-astra pemberian dewa. Saya baru tahu kalau Lima Pandawa mempunyai istri yang sama. Satu istri dengan lima suami. Ckkkckkk…Sekali lagi satu isteri dengan Lima suami (nggak salah dan terbalik nih). Walau ada juga isteri-isteri masing-masing pandawa. Saya juga baru tahu kenapa Arjuna menjadi salah satu symbol pria yang digemari banyak wanita. Bahkan mereka seharusnya tak disebut Pandawa Lima. Pada salah satu bab pada buku terbitan Gramedia Pustaka Utama ini semuanya terungkap

Selain Panchali, Lima pandawa, dan Krishna banyak juga lho tokoh-tokoh yang menghidupkan buku ini. Kunti, Karna, Bisma, Duryodana, Drona, dll (bahkan dikota saya nama-nama mereka sering dijadikan nama jalan). Saya baru tahu Gatot Kaca itu anaknya Bima, Bima yang kekar dan suka makan juga seseorang yang penuh cinta, lalu ada juga tokoh Srikandi yang dijadikan symbol pemain bulutangkis wanita Indonesia. Apa hubungannya ya?? Apakah kisah Mahabrata itu mencakup Indonesia. Kan Mahabrata identik dengan India, harusnya India bisa somasi dong Srikandi dipake Indonesia. Kayak rebutan batik, reog, dan angklung itu sama tetangga (eits, jangan membahas masalah ini)

Jika kalian meragukannya, boleh deh baca sendiri buku ini langsung agar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi saat itu.

Karena kuatnya ego dan gengsi dimasa yang lalu, menyebabkan penyesalan dimasa yang akan datang. Tak tanggung-tanggung, beberapa orang-orang "penting" menjadi korban keegoisan seseorang.

Siapa yang berlaku demikian???

Makanya buku ini harus jadi bacaan sejarah yang “Wajib” di baca.

Buang jauh dari diri kita sifat egois, gengsi, dendam dan angkuh apalagi bersumpah dengan berlebihan. Kelak, dimasa yang akan datang, bukan hanya kita yang menanggung akibatnya tetapi orang-orang terdekat pun bisa terkena imbas sifat egois, gengsi, dendam dan angkuhnya kita.

Mau tahu seperti apa akhir dari kisah Mahabrata…?? Baca aja sendiri…hehe

Judul : The Palace of Illusions
Penulis : Chitra Banerjee Divakaruni
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
ISBN : 978-979-22-4556-1

Oct 27, '10 5:21 PM

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete