Tuesday, March 1, 2011

Bumi Manusia

Rating:★★★★
Category:Books
Genre: History
Author:Pramoedya Ananta Toer

Secara keseluruhan, tema dari buku Bumi Manusia ini cukup kuat. Isi nya menggambarkan situasi atau keadaan sosial dimasa itu, yaitu zaman Pemerintahan Kolonial Belanda. Warga Pribumi Hindia Belanda -sebutan Indonesia waktu itu- mendapatkan hak-hak yang terbatas bahkan bisa dibilang terkucilkan. Sangat berbeda dengan warga Eropa atau Indo/blasteran/keturunan selalu mendapat perlakuan yang istimewa. Itulah salah satu inti cerita dari buku pertama Tetralogi Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer ini.

Penceritaan dikemas sebagai Roman. Lika-liku kehidupan termasuk tema percintaan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam buku terbitan Lentera Dipantera yang sudah dicetak ulang 16 kali.

Tokoh utama dalam cerita ini adalah Minke. Seorang pribumi asli. Meskipun demikian ia memiliki keistimewaan dibandingkan pemuda pribumi lain. Ia satu-satunya pribumi yang bias bersekolah di HBS. Sekolah yang hanya diperuntukkan anak Eropa dan Indo. Kenapa bisa demikian?? Ternyata ada kaitannya dengan isi cerita keseluruhan.

Pada suatu ketika, Minke terjebak dalam masalah. Ia seorang terpelajar namun terkucilkan karena pergaulannya. Bahkan ia telah dituding menjadi seorang tercela, karena telah serumah dengan Nyai Ontosoroh.

Nyai Ontosoroh dikenal sebagai gundik/simpanan seorang lelaki Belanda. Ia sangat dikenal karena kecantikannya. Dibalik kecantikan dan statusnya sebagai gundik, ternyata Nyai Ontosoroh memiliki karakter yang kuat sehingga Minke tanpa ragu untuk mendekatinya.

Kedekatan Minke dan Nyai Ontosoroh bukan tanpa sebab. Selain kagum pada karakter Nyai, ia juga mencintai anak bungsu hasil hubungan gundikan Nyai bernama Annelis Mellema. Selain Minke, Nyai Ontosoroh, dan Annelis tokoh-tokoh lain juga sangat menghidupkan cerita. Setiap karakter punya hubungan cerita yang kuat dengan tokoh utama.

Kedekatan Minke dan Nyai lah awal mula konflik demi konflik terjadi. Pertentangan antara hukum Eropa dan Pribumi menjadi sebuah perguncangan hebat saat itu. Meskipun pribumi, Minke tak sepenuhnya bisa menjadi pribumi. HBS dan Nyai telah membuat Minke lebih memahami Eropa dibandingkan leluhurnya. Keistimewaan itu terlihat saat ia sangat fasih berbahasa Belanda melalui tulisan. Titik ini menjadi permulaan yang akan menjadi pembahasan seluruh cerita. Tulisan Minke yang sering dimuat di surat kabar merupakan prestasi luar biasa dari pribumi sekaligus menjadi sebuah perbincangan setiap orang karena mampu mengangkat masalah menuntut hak-hak dan keadilan.

Keadilan apa yang dicarinya?? Sebaiknya anda membaca sendiri saja agar dapat menginterpretasikan apa yang ingin disampaikan oleh Om Pram.



***



Pramoedya Ananta Toer, dikenal sebagai aktivis yang dikecam pada masa lalu. Lahirnya Tetralogi Bumi Manusia hampir seluruhnya dia tulis dari penjara. Sudah banyak penghargaan yang beliau terima sebagai apresiasi dunia terhadap tulisan beliau yang mengangkat tema Idealisme dan Kemanusiaan.

Saya cukup tertarik dengan salah satu kalimat dalam setiap buku Om Pram, yaitu “Sumbangan Indonesia untuk Dunia”. Ya, beliau ingin mengungkapkan -yang juga disebutkan dalam Bumi Manusia ini- bahwa inilah sumbangan Indonesia untuk Dunia.



Judul Buku : Bumi Manusia
Penulis : Pramoedya A. Toer
Penerbit : Lentera Dipantera
ISBN: 979-97312-3-2

1 comment:

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete