Wednesday, December 30, 2009

Perjalanan INspirasi.......

Akhirnya setelah sekian lama merindukan berkeliling Pulau Kalimantan, sedikit demi sedikit terpenuhi.
Walaupun masih ada beberapa kota di Kalimantan belum saya kunjungi. Yang jelas untuk Kalimantan Selatan, Timur dan Tengah khususnya kota-kota penting daerah tersebut saya sudah merasakan suasananya.

Berawal dari Instruksi pimpinan saya, karena saya begitu dekat dengan pimpinan tersebut dan berbarengan dengan beliau juga lagi dinas keluar kota, saya di izinkan dan direkomendasikan untuk “on the spot” (survey lapangan) dalam rangka rencana pembelian gedung dan tanah dikota-kota yang dipilih oleh Kantor Pusat dalam rangka perluasan jangkauan layanan dan standar tampilan.

Ada tiga kota di Kalimantan timur yang menjadi target misi kami, dan kota tersebut merupakan kota dengan penghasilan daerah yang besar sehingga tingkat perekonomian disana harus dibina dan dikembangkan. Oleh karena itu perusahaan tempat saya bekerja berusaha untuk mengembangkan sayap hingga kesana.

Kota pertama adalah Balikpapan


Balikpapan adalah kota dengan penghasil minyak yang banyak, sehingga kota ini merupakan kota yang sangat besar yang hampir semua penduduk bukan merupakan warga asli (pendatang). Jika perjalanan dari Banjarmasin ke Balikpapan ada dua alternative untuk bias mencapai daerah tersebut. Yang pertama via darat (angkutan umum:Bis Samarinda dan Balikpapan atau mau transit via banua anam juga bisa).

Kalau menggunakan transportasi darat waktu yang diperlukan hingga 12-13 jam. Biasanya bis berangkat dari terminal Banjarmasin (pal 6) sekitar jam 5 sore dan sampai di Balikpapan sekitar jam 6 pagi (tergantung perjalanan). Kalau sering mampir-mampir dan menunggu Kapal penyeberangan di kota Penajam lama ya bisa lama juga baru sampainya. Biaya perjalanan minimal disiapkan 200ribu untuk tiket dan makan (kalau bisa dilebihin buat jaga-jaga dijalan)


Alternatif kedua adalah via transportasi udara, yaitu pesawat. Sekarang sudah ada tiga maskapai penerbangan yang rutenya Banjarmasin-Balikpapan. Batavia air berangkat pukul 09.20WITA, Sriwijaya air berangkat pukul 12.20 WITA dan Mandala air………..aduh saya lupa jam berapa…..tuing…karena baru saja dibuka. Harga tiketnya sih relative tergantung hari dan situasinya paling murah bisa dapat 290ribu dan paling mahal bisa mencapai satu jutaan. Waktu yang ditempuh jika perjalanan lewat udara Cuma memakan waktu 45 menit (jika cuaca dan keadaan Normal).


Setelah sampai di Bandara Internasional Sepinggan (bandaranya besar dan layak sebagai bandara internasional karena fasilitas dan sarana-prasarana memadai, bahkan banyak maskapai penerbangan dengan rute-rute yang beragam pula hingga ada yang langsung bisa ke Singapore ***suatu saat saya pasti kesana***). Saya langsung menuju Kantor Cabang yang merupakan wilayah kerja perusahaan saya bekerja. Menikmati perjalanan sambil membanding-bandingkan dengan kota-kota lain dan kota kelahiran saya. Ada kurang dan ada lebihnya, namun yang dapat saya deskripsikan Balikpapan adalah kota dengan kondisi alam (kontur) yang berbukit-bukit hingga saya terpikir…”wah kalau saya yang bawa mobil sendiri pasti saya agak ketakutan karena belum terbiasa melihat jalan yang curam dengan tikungan tajam, terlebih jika memasuki komplek padat perumahan dan gang-gang kecil.

Balikpapan begitu indah dilihat dari pesawat, berdiri kokoh gedung-gedung tinggi dan kilang-kilang minyak. Kalau didalam mobil saya begitu takjub dengan kondisi ruko dan bandara yang langsung berhadapan dengan laut. Apalagi saya juga pernah masuk salah satu Mall di Balikpapan-ketika itu saya melihat laut dari dalam mall di lantai atas,,,,wuiiihhhh Subhanallah……..Maka Nikmat Allah mana yang kamu dustakan….QS. Ar-Rahman.

Balikpapan juga padat seperti Banjarmasin, kadang sesak dan lalu lintas tak beraturan di jalan-jalan tertentu. Sering kendaraan (sepeda motor) tak tertib berlalu lintas, apalagi di Balikpapan Kontur jalannya berbukit makanya rawan kecelakaan.

Waduh tak terasa sudah panjang juga ya saya cerita tentang Balikpapan, padahal masih banyak lagi nih gambaran tentang Kota ini. Tapi ini hanya sebagian kecil dari deskripsi kota ini, saya ceritakan untuk sharing dan berbagi pengalaman, siapa tau ada yang belum pernah ke Balikpapan.
Tak Perlu saya ceritakan misi saya dikota ini dan kota selanjutnya yang saya kunjungi adalah Bontang dan sangatta. Tunggu saya di Notes berikutnya tentang Bontang dan Sangatta….(lagaknya…..)


Berusaha merubah gaya penulisan dan type Notes saya. Karena saya dapat INSPIRASI setelah tour ke Kalimantan Timur. Jadi Bolehkah saya menulis Notes ini dengan Tema INSPIRASI. Kwkwkwkwkwkwkkkwkwkwkw……ma
ksa……..heheheheheheheheheheh


21112009-1636-----Fath-Ar-Rahman

5 comments:

  1. boleh2.. xixi. hdk mrubah kypa thur?

    ReplyDelete
  2. boleh apa ka??....
    merubah ke yang lebih baik...biar berasa...hehe
    ***makanan kalee

    ReplyDelete
  3. lewat barabai..tp ga ke kotanya kan...cuma lewat doang..
    kalau pesawat ga lewat barabai ya??

    ReplyDelete