Thursday, July 22, 2010

[Coretan] Unek-unik-bikin eneg

Pengen ngeluarin uneg-uneg nih dikepala. Rasanya mau meledak saja kalau ngga dikeluarkan (baca:ditulis). Memang sih tulisannya ngga jelas gituh, tapi daripada meledak dikepalaa.


Waktu nanya sama anak-anak SD ma SMP.
Dek, disekolah pelajaran tambahan dan ekstrakurikuler nya apa???
Dijawab: Elektronik, Pemprograman, dan Bahasa Asing.

Wuihhh....keren atuh.
Beda banget sama saiaa yang pelajaran tambahannya: menjahit, tataboga, Seni Tari paling banter melukis dan seni musik. padahal sekolah umum bukan kejuruan loh. Kuno banget nih ya...kalau dibandingin dengan yang sekarang. Apalagii saiiaa kan cowok, ngga gue banget kan pelajaran tambahan SD ma SMP dulu.

Makanya kalau ditanya masalah Gadget anak sekarang lebih nyambung daripada Bapak dan Ibunya....

Negatifnya, anak jadi ngga tau asal usulnya (budaya dan sejarah bangsa-sukunya). Secara tidak langsung ikut memusnahkan identitas sendiri.
Yang saiiaa ngga menyesal sekolah zaman dulu adalah Pendidikan Moral Pancasila (PMP) nya. Setahu saiiaa sih yang sekarang dipecah dua jadi Budi Pekerti dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Dulu paling digencarkan tentang Tenggang Rasa _Tepa Selira_dan ngga egoiiss. Ngga boleh memutar musik keras-keras. Kalau lagi masak atau makan buah yang harum tetangga di anterin juga.

Sempat nyerah juga saat disuruh menghafal Pasal dan UUD. Bahkan butir-butir sila pun juga. Masih mending sih yang dihafal cuman pasal-pasal penting doang dari 27-35. Kalau ngga hafal harus kuat fisik dan mental deh berdiri didepan kelas menanggung malu sepanjang jam pelajaran.

Anak-anak sekarang merupakan negara dimasa yang akan datang. Kalau dari kecil sudah ditanamkan sifat jujur, sopan-santun, beretika ditambah sifat-sifat baik lainnya plus pendidikan akademis yang menunjang. Maka kita tinggal menunggu waktu kelahiran Pemimpin-pemimpin terbaik dimasa yang akan datang.

Apakah itu Anda???


21072010

4 comments: