Friday, August 13, 2010

Jangan (sekedar) membaca do'a, tetapi berdo'a lah kepada Allah.

Jangan (sekedar) membaca do'a,tetapi berdo'a lah kepada Allah.

Maksudnya, kita jangan sampai terkecoh membaca do'a2 (bahasa arab) yang panjang-panjang, sedang kita tidakmengetahui maksud dan do'a tersebut. Bukan kah Allah memudahkan hamba-Nya dengan menerima do'a kita dimana saja, kapan saja, dan dengan bahasa apa saja. Allah maha Melihat lagi Maha Mengetahui.

Allah berfirman:
"Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yangmenyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaanhina dina."
Surat Al Mu"min (40) ayat 60

Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Allah Taala berfirman:

Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku terhadap-Ku dan Aku selalu bersamanya ketika dia mengingat-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku pun akan mengingatnya dalam diri-Ku. Apabila dia mengingat-Ku dalam suatu jemaah manusia, maka Aku pun akanmengingatnya dalam suatu kumpulan makhluk yang lebih baik dari mereka. Apabila dia mendekati-Ku sejengkal, maka Aku akan mendekatinya sehasta. Apabila diamendekati-Ku sehasta, maka Aku akan mendekatinya sedepa. Dan apabila dia datangkepada-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari
(Shahih Muslim No.4832)

Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalamurusannya."
QS.Ath-Thalaq (65) : 2- 4

Lalu bagaimana dengan kita yang berdo'a sudah mulai sejak lama hingga saat ini belum dikabulkan. Ternyata Allah mempunyai skenario yang Indah buat hamba Nya.

"Tiada seorang berdo'a kepada Allah dengan suatu do'a, kecuali dikabulkan Nya, dan dia memperoleh salah satu dari tiga hal, yaitu dipercepatterkabulnya baginya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya sampai di akhirat,atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa".
(HR. Ath-Thabrani)

Do'a kita pasti dikabulkan dan dijawab dengan cara:
  1. Dikabulkan segera
  2. Dikabulkan akan tetapi diwaktu yang akan datang (ditunda), bisa jadi kalau dikabulkan sekarang akan membawa mudharat kepada kita.
  3. Diganti dengan berkah.Misalnya ada seorang pemuda yang berdo'a minta dipanjangkan umur, tetapi Allah berkehendak lain yakni mengambil nyawa pemuda tersebut saat masih muda. Akan tetapi Allah memberikan berkah(umur) saat pemuda masih hidup. Meninggal dalam keadaan husnul khatimah (saat menuntutilmu), bermanfaat bagi orang banyak dan berbakti kepada orang tua. Keadaan tersebut akan lebih baik jika seorang yang berumur panjang, akan tetapi semasa hidup hanya terbaring di Rumah sakit tanpa bisa apa-apa.


10 comments:

  1. Makasih ulasannya, bermanfaat :)

    ReplyDelete
  2. sebisa mungkinselalu berprasangka baik pada Allah :)

    ReplyDelete
  3. hehe..sama-sama mbakk, dapat pesan dari ceramah tarawih tadi malam. daripada hilang (lupa) mendingan saya tulisin dehh..hehe

    ReplyDelete
  4. bener ka?? kalau berdo'a memang harus dibarengi dengan usaha yang maksimal ya..agar hasilnya juga kelihatan. setelah itu baru berprasangka baikk...hehe

    ReplyDelete
  5. karena itulah aku kadang takut untuk banyak meminta kepada Allah
    karena Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk aku
    aku yakin itu

    ReplyDelete
  6. yup, selagi masih dibulan suci...jadi perbanyak do'a..hehe
    *sekalian mencari tahu, makna dan arti doa yang dibaca selama ini*

    ReplyDelete
  7. setuju bud... aku juga mintanya ga banyak-banyak, tapi doa nya yang diperbanyak..hehe

    ReplyDelete