Wednesday, August 18, 2010

[Lomba FF] Tadarusan (tema Ramadhan)

Sudah menjadi tradisi di kota kami, bulan ramadhan dipenuhi oleh kegiatan tadarus Al-Qur'an di mesjid hingga langgar-langgar1 kecil. Termasuk di Kampung kami, tadarus Al-Qur'an dimulai pada malam pertama Ramadhan.

Malam ini begitu banyak jamaah yang antusias mengikutinya. Sehingga atas usul Pak RT kami mengadakan tadarus secara bergiliran dan sepakat untuk tertib terhadap bacaannya, yaitu akan ditegur oleh jamaah yang lain, baik orang tua maupun yang muda ketika salah membaca (huruf dan tajwidnya).

Kesepakatan tersebut menghindari kesalahpahaman dan tersinggung ketika ditegur. Karena sudah lumrah hidup dikampung kami, kalau seseorang lagi semangat tadarus di mesjid/langgar kemudian ditegur karena memang melakukan kesalahan, pasti besok dan hari-hari berikutnya tak mau hadir lagi tadarusan.

Ada seorang bapak tua yang ikut tadarus, baru membaca 5 baris ayat Al-Qur'an sudah ditegur puluhan kali oleh jamaah yang lain. Hal ini berlangsung terus menerus membuat bapak tua basah berkeringat dingin. Akhirnya Karena takut membuat beliau tersinggung, dengan sedikit dipaksakan jamaah yang lain mengambil giliran membaca. Rupanya Bapak tua tersebut berhenti membaca, sambil melirik semua jamaah dengan pandangan tajam.

Malam berikutnya, jamaah berpikiran bapak tua tersebut tidak akan datang lagi, karena kejadian semalam. Ternyata salah.Dengan memakai kacamata dan sebuah penunjuk2 Al-Qur'an ditangan, bapak tua kembali hadir dan meminta agar dapat giliran membaca yang pertama.

Semua hening, mendengar suara bapak tua membaca Al-Qur'an. Bahkan ada anak-anak yang menangis, hingga larut malam. Tak ada satupun terbersit keinginan jamaah untuk pulang lebih awal dan membuat bapak tua berhenti membaca.


Sambil terbata-bata Bapak tua membaca Al-Qur’an dengan penunjuk berupa keris ditangan.



Catatan:
  1. Langgar = Mushalla kecil
  2. Penunjuk = sebuah alat bantu untuk membaca Al-Qur’an, di daerah kami biasa terbuat  dari bambu/paring yang sudah di ukir dan diberi hiasan tulisan-Kaligrafi arab.

Ikut berpatisipasi pada lomba yang di adakan mba Intan :
http://intan0812.multiply.com/journal/item/185/Hadiah_Lebaran_dari_berkah_membuat_FF
Kali ini tema yang ditulis adalah Ramadhan.

3 comments: