Monday, October 4, 2010

Tips Merawat Buku

Judul Asli Aku dan Buku
Oleh: http://oncomko.multiply.com/journal/item/233/Aku_dan_Buku_


Buku bagi saya adalah teman paling setia, di saat saya berduka, sedih atau terluka, saya bisa mencari dan tentunya membaca buku-buku yang bisa memberi saya motivasi, membuat saya bangkit juga menguatkan saya. Buku juga teman di sepanjang perjalanan bila saya bepergian untuk mengisi kekosongan waktu, dari pada mata jelalatan tak karuan [juga alternative lain selain tidur di angkot ].


Kalau kata orang bijak, buku itu jendela dunia, jendela informasi, jendela ilmu pengetahuan. Betullah demikian adanya, karena dengan membaca buku banyak hal yang saya tidak tahu menjadi tahu, banyak ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan, apalagi saya adalah seorang guru, yang semestinya tidak pernah berhenti belajar, salah satu cara belajar ya dengan membaca. membaca apa saja yang bisa di baca dan menambah ilmu pastinya.


Nah, karena buku merupakan salah satu sumber ilmu, tidak ada salahnya bila kita memperlakukannya secara lebih "kebukuan", tapi terkadang karena kesibukan dan berbagai alasan yang ada, kita lupa untuk merawat dan menjaga sang buku dengan semestinya, cuek-cuek saja kalau dia sobek, lecek, jelek atau apapun itu namanya, ada yang bilang “itu tandanya si buku dibaca”. Miris saja saya melihatnya [belagu ], padahal sudah semestinya kita memperlakukan buku dengan cukup istimewa, sayangi dan rawatlah dia, karena suatu hari nanti dia akan ada manfaatnya, ibarat kata “kalau Koran bisa basi, tapi buku tidak akan pernah basi, meskipun selalu ada revisi-revisi”.


Nah, mengingat hal tersebut di atas, maka saya memberanikan diri memberi tips ala saya dalam merawat dan mencintai buku-buku yang saya miliki, cekidoooooot :

* Berilah sampul plastik bening pada buku soft cover, agar dia tetap bersih dan kinclong, juga menjaganya agar tidak terkena air secara langsung.

* Beri stempel atau nama pada buku kita, kalau perlu tanggal, tempat pembelian juga harga, agar kita mengingat pada moment apa kita membeli buku tersebut.

* Berilah pembatas buku pada setiap buku yang kita baca, "JANGAN DI LIPAT", jangan sekali-sekali menyakiti buku dengan melipatnya, hal itu akan menimbulkan bekas yang tidak akan pernah hilang, maka untuk mempermudah mengingat sampai mana kita membaca alangkah baiknya siapkan pembatas bacaan [jangan pake KTP, KTM, SIM, STNK, ATM dll, BAHAYA ]

* Buka buku dengan penuh cinta [lebaay ], jangan asal-asalan membuka buku karena itu akan membuat buku cepat rusak dan sobek.

* Bila ingin memberi tanda pada salah satu kalimat yang kita anggap penting, ada baiknya lihat jenis kertas dari buku tersebut, bila jenis kertasnya bagus kita bisa menggunakan stabillo tetapi bila jenis kertas kurang bagus ada baiknya gunakan saja pinsil warna.

* Jangan simpan buku disembarang tempat, seperti tanah, kursi, dll [bahaya, kalau tiba-tiba lupa lalu kehujanan…waduh sayangnya ]

* Untuk buku yang kita dapat dari sahabat, teman atau orang-orang tercinta di sekeliling kita, ada baiknya kita menuliskan namanya dalam buku tersebut, bila perlu tuliskan sedikit kata tentang mengapa buku tersebut menjadi hadiah buat kita. [so sweeet ]

* Buatlah daftar inventaris buku yang kita miliki, alangkah lebih baik kita buat sesuai katagori masing-masing buku, misal : katagori keislaman, pendidikan, keluarga, dll [saya juga baru sebagian nie buatnya ]

* Buatlah buku peminjaman pribadi, bila ada sahabat yang ingin meminjam, tuliskan nama peminjam, no hp, alamat, judul buku yang dipinjam, tanggal peminjaman dan kapan buku tersebut akan di kembalikan. [ingatkan, kalau buku kita ga balik-balik ]

* Periksa buku-buku kita secara berkala, karena terkadang ada semut atau binatang kecil lain yang menjadikannya sarang, saking bagusnya itu buku.

setiap kita punya cara sendiri dalam menyayangi, merawat dan menjaga barang-barang milik kita, termasuk buku. Pastinya banyak tips-tips lain yang sahabat miliki, alangkah senangnya bila sahabat mau berbagi disini. Semoga sedikit tips ala saya ini bisa bermanfaat.


*maaf, tips ini semata-mata untuk mengingatkan diri saya pribadi, dan saya tulis dengan bahasa aneh saya, semoga bisa dimaknai ^^ [gaya gw ]

No comments:

Post a Comment