Tuesday, September 7, 2010

Tips Terus Menulis

Tips Terus Menulis

Sumber oleh: http://mytruelife.multiply.com/journal/item/126/Tips_Terus_Menulis


Menulis...sebuah pekerjaan panjang dan tak mudah juga sebetulnya..karena menulis ibarat sebuah perjalanan yang jauh, yang di dalamnya akan terdapat segala macam lika liku rintangan dan hambatan, segala macam onak dan duri yang selalu mengiringi. Maka tak jarang terdapat orang yang sangat gencar menulis di awal, namun tidak bertahan lama semangat juangnya hingga berujung pada berhentinya dia menulis.

Saudaraku, menulis itu adalah sebuah cara bagi kita untuk mengeluarkan apa yang menjadi ekspresi dari dalam diri kita. sebuah ekspresi kita setelah melihat realita kehidupan. sebuah ekspresi kita yang ingin kita sampaikan bagi yang lain. bukanlah sebuah ekspresi sebuah peluapan untuk memuaskan hati-hati kita saja. karena sungguh jika tulisan hanya digunakan sebagai sarana meluapkan kepuasan kita, tulisan itu hanyalah sekedar rangkaian kata tanpa makna, sedangkan dalam dunia ini, jangan sampai kita melakukan sesuatu yang tidak mempunyai arti sama sekali, karena akan sia-sia nilai dan waktu yang terhabiskan. teringat kata salim a fillah, kita mengeluarkan apa yang kita punya. jadi jika hanya ekspresi untuk melampiaskan kepuasan kita, yaa maka itu yang kita punya. tidak ada yang lain yang bisa kita berikan kepada yang lain.

Selama ini, motivasi dan alasan aku untuk menjaga kesinambungan dalam menulis antara lain.

1. selalu menulis memulaikan dengan bismillah, agar hilang semua orientasi-orientasi menulis yang selalu datang menghampiri kita. jangan sampai kita menulis hanya untuk mencari popularitas, jangan sampai kita menulis untuk mendapat tanggapan dari orang lain, atau jangan sampai kita menulis hanya untuk sekedar mendapatkan perhatian dari orang lain. aduh, jika kalian melakukan itu, maka buat aku, kalian telah merendahkan makna dan arti dari sebuah tulisan itu sendiri. karena tulisan adalah nasehat, karena tulisan adalah pengingat buat yang lain.

2. Targetkan setiap saatnya untuk membuat sebuah tulisan. misalkan dalam sehari minimal harus membuat berapa tulisan. kalo aku pribadi mentargetkan minimal membuat satu buah tulisan setiap hari dan satu puisi setiap hari. karena jika sedikit saja kita berhenti menulis, maka terkadang akan muncul keengganan-keengganan setelahnya. rasa malas pun akan mulai menyelimuti setiap saatnya.

3. Terkadang ide itu akan muncul setiap saatnya..tidak pandang bulu dimanapun dan disaat apapun kita ada...maka, selalu sediakan alat mencatat kemanapun kepergian kita. kalo aku, selalu menggunakan hape untuk mencatat. minimal menulis judul dan poin-poin penting yang bisa dijadikan dalam tulisan pada hape itu. mau sedang kuliah, sedang pelatihan, sedang nyetir, atau sedang mandi, inspirasi itu akan selalu muncul, jadi siap sedialah untuk terus mencatat. karena niscaya semua akan terus bermunculan..tidak usah takut lagi untuk kehilangan bahan dalam menulis

4. janganlah pernah merasa minder dengan yang lain akan kemampuan kita menulis. jangan pedulikan apa yang disampaikan pada orang. ingatlah bahwa tulisan itu adalah luapan ekspresi kita, jangan sampai ekspresi yang kita miliki itu diatur oleh orang lain. karena nantinya bukan lagi tulisan kita itu, tapi menjadi tulisan yang lain. ingatlah bahwa setiap tulisan itu selalu mempunyai gaya dan karakternya tersendiri

5. buatlah mimpi yang tinggi dengannya. kalo aku, pernah terbersit bagaimana bisa mengubah sebuah peradaban dengan sebuah tulisan. sebuah buku yang mampu aku ciptakan agar bisa bermanfaat untuk yang lain. ingatlah, mimpi kita itu sangatlah besar dan panjang, jadikanlah tulisan ini sebagai salah satu sarana kita untuk mencapai mimpi itu.

apa lagi yaa....tapi intinya buat aku, tulisan itu digunakan untuk memberikan nasehat pada yang lain, tidak mengharap balasan, tidak mengharap imbalan darinya. bagaimana lagi mencari motivasi, hmmm...motivasi itu berasal dari individu-individu penulisnya. seberapa besar mimpi individu itu, maka sebesar itulah riwayat dan ketangguhan dia dalam membuat sebuah tulisan....se-istiqomah apa dia memegang teguh mimpi dia, se-istiqomah itu pula dia mampu menjaga kestabilan dia dalam menulis...wallahu alam...

No comments:

Post a Comment