Wednesday, February 17, 2010

Sepakbola dengan Hitungan

Akhirnya Manchester United mempermalukan AC Milan dikandangnya sendiri (San Siro). Dengan bersusah payah akhirnya skor 2-3. Dua gol rooney dan Paul Scholes hanya dibalas oleh Dinho, seedoorf membuat MU agak ringan bertanding saat menjamu Milan pada pertemuan selanjutnya di Old Trafford. Padahal Milan dengan pasukan lengkap ditambah dengan keuntungan menjadi tuan rumah plus dukungan pemain ke dua belas. Komposisi pemain tak beda jauh dengan pemain-pemain kelas dunia, bertabur Ronaldinho, APato, Seedoorf, Pirlo diramu oleh racikan Leonardo.

Sepakbola, tak bisa dihitung secara matematis. Walaupun prediksi, preview dan gambaran tentang pertandingan sebelum bermain dapat diuraikan secara gamblang. Secara umum detail kekurangan dan kelebihan sebelum bermain dapat dihitung dengan komposisi tim. Bahkan persentase penguasaan bola hampir mendekati kebenaran.

Itulah sepakbola segala sesuatunya bisa saja terjadi, karena bola itu bundar. Ditambah lagi dengan factor eksternal seperti pemain ke dua belas, kondisi pertandingan baik cuaca dan penguasaan lapangan dan strategi yang diterapkan pelatih.

Nah, begitu pula dengan hidup. Kita bisa saja berencana untuk menggapai sesuatu. Bahkan resiko nya pun sudah kita hitung dan antisipasi untuk menghindari segala kemungkinan yang terjadi. Toh hasilnya seringkali berbeda dengan apa yang kita dapatkan.

Jalan hidup memang sudah tertulis di Lauhul Mahfudz, namun kita jangan pernah pesimis atau mendahului takdir. Menyerah sebelum bertanding. Belum mencoba tapi sudah menyimpulkan sendiri hasil akhirnya.

Usaha kita boleh gagal, tapi kegagalan itulah yang membuat proses berharga menuju cita. Satu hal lagi jangan sampai kegagalan itu terulang alias jatuh dilubang yang sama tanpa belajar dari kesalahan yang sama.

“Kerahkan segala kemampuan!!! Berikan yang terbaik!!! Setelah segala usaha disempurnakan, berdoalah dan bertawakkal lah….”

Ulasan pertandingan Sepakbola:
Dari fans berat Manchester United.
MU juara lagiii tahun ini plus Rooney jadi topskor dan pemain terbaik.
17022010 at 8.43am

2 comments: